oleh

160.335 Personel Gabungan Dikerahkan Dalam Operasi Ketupat Tahun ini

Kendari. Sorotsultra.com – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2019 di lapangan SSDC MTQ. Selasa, 28/5/2019.

Kapolda Sultra, Brigjen. Pol. Iriyanto, S.I.K. saat membacakan amanat Kapolri menyampaikan, “Operasi Ketupat tahun ini akan dilaksanakan selama 13 hari, dimulai pada Rabu (29/5) sampai dengan Senin (10/6).”

Dia juga mengatakan bahwa Operasi Ketupat tahun ini berbeda dengan sebelumnya, hal ini dikarenakan bersamaan dengan penyelenggaraan tahapan pemilu.

Berbagai gangguan terhadap stabilitas Kamtibmas berupa serangan teror baik kepada masyarakat maupun kepada personil kepolisian sewaktu-waktu dapat terjadi. Namun, dia menegaskan bahwa pihaknya secara optimal sudah mengantisipasi hal tersebut.

Untuk itu, Operasi Ketupat tahun ini melibatkan setidaknya 34 Polda di seluruh Indonesia dengan 11 Polda prioritas, yaitu Polda Metro Jaya, Polda Jabar, Polda Jateng, Polda DIY, Polda Jatim, Polda Banten, Polda Lampung, Polda Sumsel, Polda Sulsel, Polda Bali, serta Polda Papua.

Dengan total keseluruhan jumlah personel gabungan sebanyak 160.335 yang meliputi 93.589 personel Polri, 13.131 personel TNI, 18.906 Kementerian dan Dinas terkait, 11.720 personel Satpol PP, 6.913 personel Pramuka, serta 16.076 Organisasi Kemasyarakatan dan Kepemudaan.

Baca Juga :  Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Diamankan Pihak Kejati Sultra

Selain itu, Jenderal Bintang Satu ini menjelaskan bahwa ada 2 tujuan yang hendak dicapai dalam Operasi Ketupat tahun ini, “Yang pertama, untuk mengecek kesiapan personel, peralatan, dan seluruh aspek operasi, termasuk sinergitas dan solidaritas komponen penyelenggara.”

“Yang kedua, untuk menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik sehingga menimbulkan ketenangan, rasa aman, dan nyaman bagi masyarakat,” pungkasnya. (RED)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait