oleh

Aksi Heroik Bidan Andriani Bantu Persalinan Ibu di Atas Kapal

Bau-Bau, Sorotsultra.com – Layaknya super hero, aksi bidan Andriani Darmawan Amd.Keb, patut diacungi jempol setelah membantu proses persalinan seorang penumpang Kapal KM. Express Priscilia 88 bernama Ibu Detnianti (22).

Berkat bantuannya, sang ibu melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki dengan selamat di atas kapal yang ia tumpangi dari Kendari menuju Bau-Bau, pada Sabtu, 29/2/2020.

Kehebohan bermula saat kapal telah meninggalkan pelabuhan kurang lebih satu jam menuju Bau-Bau. Ibu Detnianti yang dalam kondisi hamil tua mengeluh sakit perut, tak pelak seluruh penumpang dibuat panik olehnya.

Mendengar kegaduhan yang terjadi di atas kapal, Andriani Darmawan Amd.Keb, pada saat itu dengan sigap langsung melakukan pertolongan terhadap ibu Detnianti.

Awalnya Andriani tidak berani melakukan tindakan persalinan, dikarenakan tidak ada alat medis untuk digunakan. Namun karena dalam keadaan darurat, akhirnya ia memberanikan diri untuk melakukan persalinan tanpa alat medis.

“Alhamdulillah tepat pukul 09.00 Wita, lahirlah seorang bayi berjenis kelamin laki-laki dalam keadaan selamat dan sehat,” imbuh Andriani.

Baca Juga :  GenPro Sultra Memberikan Pelatihan UMKM, Kepada Majelis Taklim Se Kecamatan Onembute

“Kondisi kesehatan ibu dan bayinya baik. Selama proses persalinan, saya dibantu oleh perawat dari Raha dan dari dinas kesehatan Bau-Bau untuk mengurus bayinya, karena tadi saya konsen urus ibu bayi agar tidak terjadi pendarahan,” tuturnya.

Setelah kapal bersandar di Pelabuhan Murhum Bau-bau, ibu Detnianti bersama buah hatinya langsung dibawa menuju ke kediamanya di daerah Sampolawa.

Sang suami, Aldi Sulfajar mengatakan, bahwa sebelum berangkat, ia bersama istri tercinta sempat memeriksakan kondisi kehamilan ke bidan anak, sebab pada malam sabtu, istrinya sempat merasakan sakit.

“Setelah saya konsultasi dengan bidan, dia bilang masih belum waktunya untuk lahiran. Makanya hari ini saya dan istri memberanikan diri untuk melakukan perjalanan laut menuju Bau-Bau,” ungkap Ardi.

Aldi Sulfajar dan Detnianti, merasa sangat bahagia dengan kehadiran buah hati mereka. Senyum tak hentinya menyeruak di wajah kedua pasangan suami dan istri tersebut. (RED)