oleh

Gelar Rapat Sosialisasi FKP3, Basarnas Kendari Libatkan Lima Pemerintah Desa di Kecamatan Lalonggasumeeto

Kendari, Sorotsultra.com – Basarnas Kendari melaksanakan kegiatan Rapat Sosialisasi Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) Tahun 2021. Sebanyak  lima Desa se Kecamatan Lalonggasumeeto turut dilibatkan. Selasa, 23/3/2021.

Kelima Desa tersebut yakni Desa Lalombonda, Desa Lalonggasumeeto, Desa Puuwonua, Desa Batu Gong dan Desa Watuggarandu.

Kepala Basarnas Kendari Arif Sofingi, SE dalam sambutannya mengatakan, maksud dari kegiatan tersebut adalah untuk melaksanakan fungsi forum koordinasi potensi pencarian dan pertolongan, melalui pengendalian dengan menyelenggarakan wadah bagi seluruh potensi pencarian dan pertolongan Basarnas yang ada di wilayah masing-masing.

“Selain itu dalam forum ini akan dirumuskan arah kebijakan pembinaan potensi  pencarian dan pertolongan dan bisa menjadi wadah dalam membangun dialog yang konstruktif dan konsultatif terkait isu-isu pencarian dan pertolongan,” kata Arif.

Lebih jauh dikatakannya, “Mendorong dan mengembangkan pemahaman yang sama diantara potensi pencarian dan pertolongan dan bisa mengembangkan program pembinaan untuk peningkatan kapasitas potensi pencarian dan pertolongan.” ujar Arif.

Sementara itu Safaruddin, Sekertaris Desa (Sekdes) Lalombonda, Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe saat ditemui di sela kegiatan merasa bersyukur atas di gelarnya kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Bandara Haluoleo Kendari Menyiapkan Posko Angkutan Lebaran Terpadu

“Alhamdulillah sangat bersyukur pemerintah Desa turut dilibatkan dalam kegiatan Forum Koordinasi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) oleh Basarnas Kendari,” imbuh Safaruddin.

Ia mengakui bahwa selama ini belum pernah ada pelatihan seperti ini yang melibatkan pemerintah Desa.

“Kami berharap kegiatan seperti ini bisa di laksanakan kedepannya untuk mengupdate ilmu SAR kami, khususnya bagi pemerintah Desa. Apalagi wilayah kami berada di pesisir pantai,” pungkasnya.

Kegiatan yang digelar cuman sehari itu bertempat di Swiss-belhotel Kendari. Seluruh peserta diberikan materi khusus yakni sosialisasi evaluasi dukungan potensi dalam pelaksanaan operasi SAR.

Kemudian, sosialisasi peraturan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, pelibatan potensi SAR sebagai tenaga utama dalam operasi SAR, sosialisasi Aplikasi Sistem informasi Pembinaan Potensi, penyusunan rencana program FKP3 tingkat daerah. (RED)

Berita Terkait