oleh

KN. SAR Pacitan Dikerahkan untuk Mengevakuasi KMN. Nafisah 04 di Perairan Morowali

Kendari, Sorotsultra.com – Tim Rescue Basarnas Kendari, dikerahkan untuk melakukan pencarian dan pertolongan terhadap kapal KMN Nafisah 04 GT. 15 yang dikabarkan mengalami musibah kecelakaan.

Kapal pengumpul ikan asal Kota Kendari tersebut, mengalami kecelakaan di Perairan Pulau Padae Besar, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Wahyudi, Humas Basarnas Kendari dalam rilis resminya, pada hari Minggu (10/5/2020) mengatakan bahwa pihaknya saat ini telah mengerahkan KN SAR Pacitan untuk menuju lokasi kejadian (LKK), setelah sebelumnya mereka menerima laporan pada Sabtu, 9 Mei 2020 sekitar pukul 23.45 Wita.

“Kami terima informasi itu dari Suardi, pemilik kapal yang melaporkan bahwa sejak tanggal 8 Mei 2020, sekitar pukul 03.00 Wita telah terjadi kecelakaan kapal KMN. Nafisah 04 GT.15 miliknya,” paparnya.

Kapal berwarna kuning muda lis merah yang ditumpangi oleh 4 Person on Board (POB) itu, mengalami kerusakan mesin di perairan Pulau Padae Besar, Kab. Morowali, Sulawesi Tengah, dan diperkirakan lokasi kejadian berada sekitar 43,7 nautical mile dari dermaga Basarnas Kendari.

Baca Juga :  Pemkot Kendari Kembangkan Bakat Seni Pelajar melalui GSMS

“Tim Rescue SARS Kendari, pada Minggu 10 Mei 2020 diberangkatkan menuju LKK, menggunakan KN SAR Pacitan untuk memberikan bantuan SAR dengan perkiraan tiba di sekitar lokasi kejadian kurang lebih 4 jam perjalanan,” paparnya.

“Di mana kondisi cuaca cerah dengan perkiraan tinggi gelombang sekitar 1,25 hingga 2,50 meter, arah angin timur ke selatan dengan kecepatan 2-15 knots,” simpul Wahyudi.

Ia menerangkan bahwa keempat POB dalam kapal naas tersebut diidentifikasi bernama Robertus Malo, Laode Rusman, Daniel, dan Rio Donal, sedangkan unsur yang terlibat dalam proses pencarian dan pertolongan kapal KMN Nafisah 04 tersebut diantaranya Tim Rescue Basarnas Kendari, ABK KN. SAR Pacitan dan KSOP Kendari. (RED)

Berita Terkait