LPK LAUS Muna Barat Buka Program Magang ke Jepang

Muna Barat, Sorotsultra.com-Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) LAUS Muna Barat membuka peluang bagi putra dan putri terbaik bumi Anoa untuk mengikuti program pemagangan ke Jepang, Jumat (8/12/23). 

LPK LAUS didirikan sebagai wadah untuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap untuk mengikuti berbagai program ke Negeri Sakura.

LPK LAUS melatih dan mendidik calon-calon tenaga magang seperti bahasa, keterampilan kerja, maupun budaya Jepang agar mampu menyesuaikan dengan budaya dan cara kerja orang-orang Jepang.

Hadirnya LPK LAUS di Kabupaten Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan sebuah kemajuan yang baik dalam membantu masyarakat untuk memanfaatkan berbagai peluang ke Jepang.

Direktur LPK LAUS, La Ode Munir, S.Pd, mengungkapkan terbentuknya LPK LAUS Muna Barat bertujuan untuk membina generasi muda sehingga bisa memiliki SDM yang berkualitas dan mampu berdaya saing dikancah internasional serta bertanggungjawab.

LPK LAUS yang berkantor di Desa Lahaji, Kecamatan Napano Kusambi, Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara ini akan menjembatani generasi muda untuk memanfaatkan berbagai macam program ke Jepang.

Baca Juga :  PWI Pusat Serahkan 10.000 Bibit Pohon ke Ancol, Raja Pane: Kewajiban Bersama untuk Menjaga Bumi

“LPK LAUS menyediakan program pendidikan bahasa Jepang, pendidikan kedisiplinan sehingga tercipta pribadi-pribadi yang memiliki mental disiplin, terampil, dan berdaya saing,” jelasnya, Kamis (7/12).

Selain itu, Munir mengungkapkan LPK LAUS telah berafiliasi dengan Sending Organization (SO) LPK PT Kinki Sultra Sinergi (KSS) yang nantinya akan memberangkatkan calon peserta magang yang telah mengikuti pelatihan di LPK LAUS.

“SO LPK PT KSS sudah bekerjasama dengan 10 perusahaan Kumiai di Jepang dan telah memberangkatkan lebih dari 100 siswa sejak 1 tahun terakhir menjadi lembaga SO,” pungkasnya.

Nirwan Ikhlas selaku Direktur Utama SO PT KSS mengungkapkan dengan adanya LPK di daerah tentunya sangat membantu dalam mendidik calon-calon siswa yang nantinya akan kita di berangkatkan melalui SO PT KSS. Apalagi permintaan tenaga kerja magang hingga saat ini semakin meningkat.

“Alhamdulillah, sejauh ini KSS intensif memberangkatkan hampir setiap bulan di perusahaan Jepang. Mayoritas yang kami rekrut dari LPK di Pulau Jawa yang sudah MoU dengan PT KSS,” ujarnya.

Baca Juga :  Polemik Kapal Tongkang Berlabuh di Pantai Batu Gong, Andi: Itu Kewenangan Syahbandar Molawe

Nirwan menambahkan, sebagai putra daerah dengan adanya LPK di Muna Barat wajib kita support bahkan program-program ini kita prioritaskan buat adik-adik di Sultra sehingga generasi muda yang memiliki keinginan serta memenuhi syarat bisa memanfaatkan berbagai macam program magang kerja ke Jepang, tentunya hal yang paling mendasar adalah mengikuti pelatihan terlebih dahulu di LPK LAUS Muna Barat.

“InsyaAllah bulan April 2024 mendatang ada permintaan lagi dari perusahaan Jepang sekitar 40 orang. Dan di jadwalkan tahapan wawancara dengan perusahaan pada bulan April dan untuk pemberangkatan di bulan Juli 2024. Saya berharap peluang ini bisa di manfaatkan dan di isi oleh siswa dari Sulawesi Tenggara melalui LPK LAUS Muna Barat. (RED)