oleh

5 Pelaku Spesialis Curanmor Lintas Provinsi Berhasil Dibekuk Dirkrimum Polda Sultra

Kendari, Sorotsultra.com- Direktorat Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Sultra, berhasil menciduk 5 orang pelaku spesialis pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Kelimanya merupakan kelompok lintas provinsi, yang kerap melakukan kejahatan di tiga wilayah, yaitu Sultra, Sulteng dan Sulsel. Dari pengungkapan ini sebanyak 20 unit kendaraan motor berbagai merk serta dua unit mobil avanza berhasil diamankan.

Kendaraan motor berbagai merk yang diamankan dari kelima pelaku

Kapolda Sultra, Irjen. Pol. Drs, Merdisyam, M.Si., di hadapan awak media pada Selasa (30/6/2020) mengungkapkan bahwa kelima pelaku sebelum melakukan aksinya terlebih dahulu melakukan mapping di titik lokasi yang akan disasar.

“Para pelaku beraksi pada tengah malam, di mana para penghuni rumah sudah dalam kondisi tertelap, kemudian mereka merusak dan mencungkil rumah korban, lalu mengambil barang berharga lainnya, sedangkan kendaraan yang masih terkunci akan dirusak terlebih dahulu memakai kunci soket,” papar Merdisyam.

Dari kejahatan mereka, kendaraan tersebut lalu dijual kepada penadah dengan harga murah berkisar 2-3 Juta Rupiah, sedangkan wilayah yang disasar meliputi Kota Kendari, Kolaka, Raha, Konawe, dan Konawe Utara.

Baca Juga :  Kapolda Sultra: Perekam Video Viral Kedatangan 49 WNA Asal China Sudah Dipulangkan

“Dari kelima pelaku tersebut, satu orang berperan sebagai penadah dan 4 pelaku lainnya bertindak sebagai eksekutor, sementara 3 orang lainnya masih dalam pengejaran. Kelimanya akan dikenakan pasal 363 ayat 61 dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara,” tegas Kapolda Sultra.

Untuk itu, Kapolda menghimbau bagi warga yang merasa kehilangan untuk melakukan pengecekan kendaraan di Mapolda Sultra, dengan menunjukkan bukti berupa surat-surat kendaraan, dan hal ini tanpa dipungut biaya apapun.

Sementara itu, Syukur Subair, warga lepo-lepo yang menjadi salah satu korban menceritakan bahwa ia telah kehilangan motor Yamaha Vino miliknya sekitar 3 tahun lalu, dan kendaraannya itu raib di rumah orang tuanya setelah ba’da Maghrib.

“Alhamdulillah, hari ini saya senang dan berterima kasih kepada pihak kepolisian atas kerja kerasnya, sehingga kendaraan saya bisa ditemukan kembali,” terangnya singkat. (RED)

Berita Terkait