Bantu Pembangunan 21 Masjid di Muna Barat, Komunitas SBM Beri Bantuan Ratusan Juta

Mubar, Sorotsultra.com-Komunitas Sepuluh Ribu Bangun Masjid (SBM) menyerahkan bantuan dana untuk pembangunan 21 masjid di Kabupaten Muna Barat, pada Sabtu, 3/2/2024. Adapun besaran bantuan dana yang serahkan mencapai ratusan juta rupiah per masjid, Senin (5/2).

Sejumlah masjid tersebut tersebar di Kecamatan Wadaga, Lawa, Sawerigadi, Kusambi, Napano Kusambi, Tiworo Kepulauan, Tiworo Tengah, Toworo Selatan dan Kecamatan Maginti.

Founder Sepuluh Ribu Bangun Masjid (SBM) Dewi Putri Novianti, usai menyerahkan bantuan di Masjid Al Ikhlas, Desa Bakeramba, Kecamatan Kusambi mengatakan, masih banyak masjid di Sulawesi Tenggara khususnya di Muna Barat tidak layak sehingga perlu mendapatkan perhatian dari semua pihak termasuk SBM.

“Masjid yang di bantu ini bervariasi jumlahnya tergantung dari banyaknya jumlah jemaah, dan apa kebutuhannya, jadi setiap masjid bisa berbeda, ada yang Rp 100 juta, ada Rp 50 juta, Rp 20 juta bahkan Rp 5 juta. Sejauh ini masjid yang ada santri penghafal Al Qurannya itu lebih kami utamakan,” kata wanita yang dikenal dengan panggilan Putri Qurratuain itu.

Baca Juga :  Pemkab Konut Beri Bonus Dua Srikandi Landawe Peraih Medali Emas PON XX Papua

Ia menambahkan, untuk di Kabupaten Muna Barat telah tersalurkan dengan total Rp 105.000.000, melalui transfer dari rekening SBM ke rekening di 21 masjid penerima pada tanggal 31 Januari 2024.

“Hari ini kami tinggal menyerahkan secara simbolis kepada pengurus di 21 masjid sebagai bagian dari pada fungsi kontrol SBM sekaligus memastikan bahwa donasi tersebut tepat sasaran,” jelas Istri La Ode Muhammad Amsar ini.

Dalam kunjungan tersebut, Dewi Putri, mengatakan masih banyak masjid yang belum layak. Sehingga SBM juga mengajak banyak pihak untuk ikut berpartisipasi dalam kebaikan ini. Berlomba-lomba dalam kebaikan.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara dan diluar Sultra untuk bergabung menjadi member tetap di komunitas Sepuluh Ribu Bangun Masjid,” jelas Putri.

Untuk diketahui, Komunitas SBM merupakan komunitas sosial dalam grup Whatsapp yang menggalang dana dari 452 member senilai Rp 10.000 perbulan.

Komunitas ini berdiri sejak Januari 2023 dan sudah menyalurkan donasi terhadap 46 masjid. Sebelumnya setiap masjid menerima puluhan hingga ratusan juta rupiah. Namun Januari ini berfokus pada quantity masjid dengan nominal yang disesuaikan agar dampaknya lebih luas.

Baca Juga :  Jeruji Besi Mengakhiri Nafsu Birahi Sang Ayah Kandung

Adapun ke 21 masjid penerima donasi adalah sebagai berikut, Masjid Al Hidayah dan Nurul Yaqin Desa Lailangga, Khodijah Bintu Khuwalid Desa Parura Jaya, Imam Syafii Desa Kasimpa Kaya, Masjid Al Ikhlas Desa Bakeramba, Al Muhaimin Desa Waturempe, Masjid Darusalam Pulo Bero, Jabal Rahma Kelurahan Waumere, Al Muhajirin Desa Latugho, Nurul Huda Desa Lasama, Nurul Huda Desa Labokolo, Munawir Al Munajat Desa Nihi, Nursalam Desa Lindo, Masjid Nurul Mukhlasin Desa Kasakamu, Al Muhaimin Desa Masara, Husnul Khatima Desa Lakanaha, Masjid Al Munajat Desa Lasosodo, Nur Iman Desa Lagadi, Nur Bahri Desa Tanjung Pinang, Mushola Nur Hidayah Desa Kembar Maminasa, Masjid Zuair Bin Awwam Desa Wapae Jaya. (RED)