Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, PT GKP Tanam Pohon di Lahan Bekas Tambang

Konkep, Sorotsultra.com-PT Gema Kreasi Perdana (GKP) melaksanakan kegiatan penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni setiap tahunnya, Ahad, 9 Juni 2024, di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT GKP yang sudah dilakukan kegiatan penambangan, Senin (10/6).

Karyawan dari berbagai departemen ikut serta dalam kegiatan penanaman demikian juga mitra kontraktor PT GKP, Tunas Muda Pertiwi. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan  dan akan menjadi kegiatan rutin karyawan. 

“Kegiatan penanaman pohon yang dilakukan perusahaan bukan hanya sekedar seremoni belaka, akan tetapi wujud komitmen perusahaan dalam melakukan kegiatan reklamasi yang merupakan mandat dari perintah undang-undang,” kata Aep Khaeruddin, Kepala Teknik Tambang PT GKP saat membuka kegiatan penanaman.

Hal yang sama juga disampaikan Budi Santoso, Superintendent Enviromental Departement, kegiatan penanaman pohon sejalan dengan komitmen perusahaan melakukan reklamasi di lahan yang sudah dilaksanakan kegiatan penambangan. 

“Reklamasi adalah mandatori, kewajiban yang harus dilakukan semua pemegang izin usaha pertambangan. Sejak 2023, GKP sudah melakukan kegiatan reklamasi,” jelas Budi.

Baca Juga :  Dua Pelaku Curas Diringkus Polisi

Lebih lanjut dia menjelaskan, sampai sejauh ini lahan yang sudah dilakukan reklamasi seluas 12 hektare. Pada setiap lahan yang sudah selesai dilakukan kegiatan penambangan akan dipersiapakan untuk dilakukan kegiatan penanaman kembali dan juga akan terus dilakukan pemantauan yang dikerjakan secara berkala.

“Seperti kegiatan yang kita lakukan hari ini, merupakan penanaman sisipan di lokasi yang sudah dilangsungkan reklamasi dari hasil penantian, perlu dilakukan penanaman sisipan,” tambah Budi.

Sebelumnya, PT GKP juga berpartisipasi dalam kegiatan penanaman pohon dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Konawe Kepulauan. Kegiatan yang digelar pada 5 Juni 2024 itu dilaksanakan di kantor Bupati Kabupaten Konkep. 

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan penanaman pohon di area jalan poros Langara, ibu kota Kabupaten Konkep. Pada perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, mengangkat tema “Land Restoration, Desertification, and Drought Resilience“.

Tema ini untuk mengajak masyarakat global akan pentingnya pemulihan lahan terdegradasi juga mitigasi perubahan iklim. Sementara di tingkat nasional, tema yang diusung adalah “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”. Tema ini mengingatkan masyarakat untuk senantiasa menjaga kelestarian lingkungan demi masa depan generasi mendatang. (RED)

Komentar