oleh

Jokowi Kenakan Baju Adat Kesultanan Buton di Upacara HUT RI Ke 77

Buton, Sorotsultra.com-Baju adat kesultanan Buton yang dijahit oleh Husain Sampaga resmi dikenakan oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo saat mengikuti upacara bendera peringatan detik-detik 17 Agustus 2022 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat hari ini.

“ini baju dari¬†Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu, 17 Agustus 2022 dikutip dari tempo.co.

Sementara penjahit baju Dolomani Husain Sampaga menuturkan, sangat bangga dan bahagia bisa dipercaya untuk menjahit baju adat kesultanan Buton yang dikenakan Jokowi hari ini di Istana Negara.

“Alhamdulillah sangat bersyukur. Ini menjadi sejarah bagi saya, keluarga dan masyarakat Bumi Anoa. Tak lupa saya menghaturkan terima kasih yang sebesar besarnya atas doa dan dukungan masyarakat Provinsi Sulawesi Tenggara sehingga pakaian kesultanan Buton bisa saya selesaikan,” kata Husain dengan nada haru.

Dikatakannya, ia membutuhkan waktu untuk menjahit baju adat Buton Dolomani tersebut hanya dalam tempo dua hari saja, dan pada tanggal 14 baju hasil jahitannya harus sudah tiba di Istana Negara.

Baca Juga :  KM Rahmat Pantura GT 34 Kandas di Perairan Kaledupa

“Ini menjadi suatu kebanggaan kita bersama seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara, khususnya Baubau, Buton dan Binongko, karena saya berasal dari Binongko di Kabupaten Wakatobi,” pungkas Husain penjahit Harapan Super Kota Baubau asal Binongko, Kabupaten Wakatobi itu. (RED)