oleh

Sabet 11 Emas, Kota Kendari Juara Umum MTQ Ke 29 Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara

Kendari, Sorotsultra.com-Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran ( MTQ) ke XXIX tahun 2022 Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi ditutup oleh Wakil Gubernur di Hotel Claro Kendari Senin, 15/8/2022 malam. Dimana, kafilah Kota Kendari berhasil meraih juara umum dengan merebut 11 Emas, 4 Perak dan 6 Perunggu dengan total nilai 73.

Atas keberhasilan ini, kontingen Kota Kendari mendapatkan bonus tambahan uang pembinaan dari panitia MTQ sebesar lima puluh juta rupiah.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Sultra, Dr. H. Lukman Abunawas, S.H., M.H., M.Si, mengatakan, Pemprov Sultra memberikan hadiah yang cukup besar agar para peserta bisa meningkatkan prestasi di tingkat nasional.

“Ini sebagai motivasi agar peserta semakin semangat belajar dan meningkatkan bakat sehingga bisa berprestasi,” ucapnya.

Lukman menambahkan, MTQ ke 29 merupakan momentum untuk mengikrarkan ketaqwaan dan menanamkan nilai-nilai keislaman.

“Bahkan sarana untuk memupuk rasa toleransi antar umat beragama karena baru kali ini pelaksanaan MTQ melibatkan etnis umat beragama lain untuk berpartisipasi pada pembukaan kemarin,” imbuhnya.

Baca Juga :  AM2WB Mendesak Polda Sultra Dalam Penegakan Hukum Kasus Penyaderaan Disertai Kekerasan di Desa Roko-Roko

“Kegiatan MTQ ini merupakan program Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur yakni, “SULTRA BERIMAN”. Olehnya itu peserta yang berhasil  juara untuk mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara pada MTQ Tingkat Nasional di Kalimantan Selatan harus diberikan reward,” ucapnya memungkasi.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Tenggara Zainal Mustamin dalam sambutannya menyatakan bahwa, melalui penyelenggaraan MTQ kali ini sangat spesial, karena penyelenggaraannya berhasil mengintegrasikan momentum MTQ dengan etno religi karnaval, yaitu karnaval budaya dan keagamaan sebagai lambang kerukunan, persatuan dan persaudaraan masyarakat Sultra yang telah terpelihara dengan baik hingga kini.

“MTQ kali ini menjadi sangat luar biasa dengan hadiah yang luar biasa yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Sultra. Kegiatan etno religi karnaval ini bisa menjadi branding untuk event MTQ selanjutnya atau event diluar MTQ yang relevan, demi memelihara kerukunan beragama, toleransi dan saling menghargai,” kata Zainal Mustamin.

“MTQ ke 29 digelar kurang lebih satu pekan dan telah menghasilkan para juara. Perlombaan di MTQ itu sejatinya bukanlah mencari pemenang semata, melainkan dalam kerangka fastabikul khairat berlomba-lomba didalam kebaikan, Maka, penyelenggaraan MTQ ini harus semakin memperkokoh persaudaraan kita dalam bingkai bhineka tunggal ika,” tambahnya memungkasi.

Baca Juga :  Peran Humas Sebagai Garda Terdepan Dalam Menangkal Konten Negatif Menjelang Pelaksanaan Pemilu 2019.

Pelaksanaan MTQ tahun ini diikuti 621 peserta dengan delapan cabang dan 46 kategori. Dewan hakim telah menyeleksi dan menentukan peserta yang terbaik, yang nantinya akan mewakili Sulawesi Tenggara pada MTQ Tingkat Nasional yang akan digelar di Kota Banjarmasin, Kalimatan Selatan.

Berikut 10 besar hasil pengumuman panitia, pada MTQ ke 29 Provinsi Sultra yang digelar di Kota Kendari:
1. Kota Kendari
2. Kabupaten Kolaka
3. Kabupaten Konawe Utara
4. Kabupaten Muna
5. Kabupaten Konawe Kepulauan.
6. Kabupaten Kolaka Utara
7. Kabupaten Buton Tengah
8. Kabupaten Konawe
9. Kota Baubau
10 Kabupaten Bombana. (RED)

Berita Terkait