oleh

KN SAR Pacitan Beri Bantuan Medis kepada 1 Orang Kru Kapal Grace Barleria Berkebangsaan Filipina

Kendari, Sorotsultra.comBasarnas Kendari memberikan bantuan medical evacuation (Medevac) terhadap 1 orang kru Kapal Grace Barleria bernama Maluyo Delmar Ford (23) berkebangsaan Filipina yang mengalami cidera pada kedua jarinya dalam pelayaran dari Australia menuju China. Jumat 27/8/2021.

Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi, SE, menjelaskan, pihaknya menerima email dari BCC (Basarnas Command Centre) pada hari Kamis 26/8/2021 tentang permintaan bantuan Medevac (Evakuasi Medis) terhadap 1 orang kru Kapal Grace Barleria dalam perjalanan dari Australia menuju China, namun naas sekitar pukul 16.00 Wita, korban mengalami kecelakaan kerja yang mengakibatkan 2 jari tangan kanannya terputus.

“Setelah menerima informasi tersebut, kami langsung melakukan komunikasi dengan agen Kapal Grace Barleria Partoyo. Setelah itu, pada pukul 12.00 Wita ditentukanlah titik koordinat dan disepakati untuk melakukan proses evakuasi disekitar perairan Pulau Saponda Laut. Sesuai perkiraan waktu Kapal Grace Barleria akan tiba sekitar pukul 15.00 Wita,” ujar Aris.

Pada pukul 13.45 Wita Tim Rescue KPP Kendari, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kendari, KSOP Kendari dan pihak agen kapal diberangkatkan menuju perairan Pulau Saponda Laut menggunakan KN SAR Pacitan untuk melaksanakan medical evacuation (Medevac). Dengan jarak tempuh sekitar 6,9 Nautical Mile dari Dermaga Utama Basarnas Kendari.

Baca Juga :  IJTI Minta Segera Cabut Pasal Terkait Kebebasan Pers di RKUHP

“Tepat pukul 15.00 Wita, Tim SAR gabungan tiba di titik penjemputan, selanjutnya melakukan assessment diatas kapal, kemudian langsung mengevakuasi korban ke KN SAR Pacitan. Dan pada pukul 17.30 Wita KN SAR Pacitan tiba di Dermaga Utama Basarnas Kendari. Selanjutnya korban langsung dirujuk ke RS Hermina Kendari untuk mendapatkan penanganan medis lanjutan,” pungkas Aris.

Adapun unsur yang terlibat dalam proses Medevac (Evakuasi Medis) terhadap 1 orang kru Kapal Grace Barleria terdiri dari personil KPP Kendari 30 orang, KSOP Kendari 4 orang, Kantor Kesehatan Pelabuhan 3 orang
dan Agen Kapal 1 orang. (RED)

Berita Terkait