oleh

LKBN ANTARA Gelar Pelatihan Tangkal Hoaks di Kendari Diikuti 150 Jurnalis

Kendari, Sorotsultra.com-Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA menggelar pelatihan cara menangkal dan mengecek informasi hoaks atau fakta bagi 150 jurnalis dari berbagai media di Kendari, baik daring, elektronik maupun cetak. Kamis, 30/6/2022.

Kegiatan ini dilaksanakan di Swis Bell Hotel Kendari, dengan mengangkat tema “Peran Jurnalis di Tengah Informasi Hoaks di Masyarakat”.

Sekretaris Perusahaan LKBN ANTARA Iswahyuni melalui virtual mengatakan, pelatihan kepada ratusan jurnalis bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan dari Perum LKBN ANTARA.

“Kegiatan pelatihan hari ini bertujuan memberikan peningkatan kompetensi buat teman-teman wartawan di Kendari. Karena kami kantor berita, jadi lingkungan yang paling dekat dengan kami tentu rekan-rekan wartawan,” katanya.

Dia menjelaskan, pelatihan kali ini pihaknya menghadirkan narasumber Pemeriksa Fakta & Project Officer MAFINDO Dedy Helsyanto.

“Pelatihan ini seharusnya diselenggarakan bersamaan dengan Hari Pers Nasional 2022 di Sultra, tetapi karena kita tahu bahwa rekan-rekan wartawan sibuk liputan kegiatan HPN. Maka kegiatan ini baru bisa kita laksanakan hari ini,” ujar dia.

Baca Juga :  HUT Kota Kendari Jadi Filosofi Pembangunan Gedung Baru Kantor Wali Kota

Ia menambahkan, program tanggung jawab sosial dan lingkungan dari Perum LKBN ANTARA antara lain pelatihan foto dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan secara gratis di seluruh Indonesia.

“Saya berharap apa yang disampaikan narasumber akan bermanfaat bagi para jurnalis yang ada di bumi Anoa dalam menjalankan aktivitas liputan,” ucap Iswahyuni.

Pemeriksa Fakta & Project Officer MAFINDO Dedy Helsyanto selaku narasumber mengatakan, materi yang diberikan kepada para jurnalis yakni, bagaimana memeriksa fakta dengan mesin pencari di google.

“Kita lebih banyak praktik memeriksa foto, video, memeriksa kevalidan akun media sosial sampai dengan memeriksa lokasi (foto dan video),” katanya. (RED)