PT GKP Lakukan Perbaikan Jembatan Sungai Keu Mohalo, Samaga: Alhamdulillah

Wawonii, Sorotsultra.com-PT Gema Kreasi Perdana (GKP) melakukan perbaikan jembatan Sungai Keu Mohalo yang berada di Desa Sukarela Jaya. Perbaikan dilakukan karena kondisi landasan jembatan yang sudah rapuh serta tanah di ujung jembatan mengalami longsor, penyebabnya volume kendaraan yang lewat cukup banyak, Kamis (1/6).

“Kendaraan yang melewati jembatan kayu tersebut cukup banyak. Tidak hanya roda dua, tetapi juga roda empat bahkan truk dengan muatan yang banyak juga melewati jembatan tersebut,” kata Idris Toande selaku CSR Officer PT GKP.

Lebih lanjut Idris menjelaskan, jembatan ini dibangun berkat kolaborasi dengan masyarakat dan pemerintah desa pada 2020 lalu. Dengan intensitas kendaraan yang lewat cukup signifikan maka perbaikan jembatan perlu dilakukan.

“Perbaikan jembatan tersebut kembali dilakukan pada Selasa (30/5). Tim Corporate Social Responsibility (CSR) PT GKP bersama masyarakat sekitar bahu membahu melakukan perbaikan jembatan Keu Mohalo. Dengan memperkuat landasan, empat buah tiang pancang kayu bulat dipasang menggunakan bantuan alat berat. Begitu juga landasan jembatan di tambahkan kayu bulat sehingga jembatan lebih kokoh dari sebelumnya,” ujarnya. 

Baca Juga :  Ini Deretan Prestasi Teguh Pristiwanto Selama 16 Bulan Menakhodai Polda Sultra

Selain itu, guna menghindari longsoran di pinggir jembatan dan memperhatikan aspek keselamatan pengguna jembatan, maka  panjang jembatan ditambah, masing-masing satu meter di kedua sisi sungai. Itu dilakukan untuk menghindari truk roda enam lewat di atas jembatan, maka di kedua sisi jembatan dipasang kayu penghalang.

“Pemasangan kayu penghalang juga masukan dari pemerintah desa dan masyarakat. Karena kalau tidak dipasang bisa mempercepat jembatan rusak, sebab kendaraan truk dengan muatan yang cukup banyak melintasi jembatan ini,” katanya.

Superintendent CSR PT GKP Aldo Sastra menjelaskan, kegiatan perbaikan jembatan tersebut memperlihatkan dan menegaskan kontribusi perusahaan terhadap berbagai persoalan di masyarakat sekitar tambang.  Apalagi persoalan-persoalan yang terkait kepentingan umum, maka perusahaan akan segera melakukan penyelesaian atau perbaikan.

“Ini menjadi bagian dari program CSR perusahaan di bidang infrastruktur. Sebelumnya, kita juga telah melakukan perbaikan jalan Gunung Jati. Alhamdulillah, berkat perbaikan yang dilakukan, kini masyarakat bisa melewati jembatan dan juga melewati jalan Gunung Jati denga nyaman dan lancar,” ucap Aldo.

Baca Juga :  dr. Junuda: Pelaku Masih Kami Lakukan Observasi di Ruang Khusus

Kades Sukarela Jaya Samaga menyampaikan apresiasi atas perbaikan jembatan Sungai Keu Mohalo. Ia pun mengakui mobilitas kendaraan yang melewati jembatan ini cukup tinggi, sehingga kondisi jembatan membutuhkan perbaikan. Ia berharap sinergi yang selama ini sudah terjalin antara perusahaan dan pemerintah desa khususnya Desa Sukarela Jaya terus terbina sehingga manfaat kehadiran perusahaan lebih dirasakan lagi oleh masyarakat.

“Alhamdulillah, sudah dilakukan perbaikan jembatan Keu Mohalo oleh perusahaan. Semoga ke depan kerjasama ini terus terjalin,” harap Samaga. (RED)