Sambut HUT Ke-78 Tanggal 9 Februari 2024, PWI Peringati dengan Acara Tumpengan

Jakarta, Sorotsultra.com-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), organisasi wartawan tertua di Indonesia, akan mengadakan acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PWI ke-78 tanggal 9 Februari mendatang. Acara tersebut akan dilaksanakan secara sederhana di Kantor PWI Pusat di Gedung Dewan Pers Lt.4, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis, 8 Januari 2024.

“Acara tumpengan dalam rangka peringatan HUT PWI ke-78 itu akan  diadakan secara sederhana,” ujar Sekjen PWI Pusat, Sayid Iskandarsyah di Kantor PWI Pusat, Senin (5/2/2024).

PWI adalah organisasi wartawan pertama di Indonesia yang lahir di Surakarta atau Solo pada tanggal 9 Februari 1946. Ketua PWI pertama adalah Mr. Sumanang Surjowinoto. Pada tanggal 9-10 Februari 1946 diadakan Kongres PWI pertama.

Sayid Iskandarsyah mengatakan, dalam peringatan HUT PWI ke-78, pengurus akan mengundang sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, seperti Menteri Dikbudristek Nadiem Anwar Makarim serta Menteri Koperasi,  Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki juga Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Selain itu, PWI juga mengundang tamu kehormatan lainnya, seperti Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Baca Juga :  Turnamen Golf Semidang Cup II 2023 Usai, Fery Irawan: Kemajuan Olahraga Golf di Sultra Menjadi Tanggung Jawab Bersama

Diharapkan pula, HUT PWI ke-78 akan dihadiri oleh Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu; wartawan-wartawan senior PWI, Ketua PWI se-Indonesia, pimpinan media massa serta konstituen Dewan Pers seperti dari AJI, IJTI, PFI, SPS, PRSSNI, ATVSI, SMSI, AMSI, dan JMSI.

Dalam perkembangannya, hari lahir PWI kemudian ditetapkan pemerintah sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5 Tahun 1985 tentang Hari Pers Nasional. Keppres tersebut ditandatangani oleh Presiden Soeharto tanggal 23 Januari 1985. Hingga kini, HPN diperingati setiap tahun. Untuk tahun 2024, perayaan HPN akan diadakan tanggal 17-20 Februari mendatang.

Kepengurusan PWI Pusat saat ini, periode 2023-2028, yang diketuai oleh Hendry Ch Bangun, terpilih dalam Kongres PWI XXV di Bandung tanggal 27 September 2023 lalu. Itu artinya, HPN 2024 adalah HPN pertama bagi PWI di bawah kepemimpinan Hendry Ch Bangun.

Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun mencanangkan PWI kembali ke khittah, jati dirinya. Untuk memberi kontribusi bagi kemajuan demokrasi, PWI dalam rangka menyongsong HUT ke-78 dan HPN 2024, telah mengundang tiga calon presiden (Capres), masing-masing Anies Baswedan; Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Baca Juga :  Raih Predikat Kota Sehat, Bappeda Kendari Intensifkan Koordinasi Bersama Forum Kota Sehat

Saat ini, anggota PWI tersebar di 38 provinsi dan cabang khusus Solo, kota kelahiran PWI.

“PWI tak perlu malu untuk ikut campur dan berkontribusi pemikiran dan gagasan untuk kedaulatan dan kemajuan Indonesia,” demikian pendapat Ketum PWI Pusat Hendry Ch Bangun. (RED)