oleh

Aksi Huru-Hara di Mako Brimob Polda Sultra

Konawe Selatan, Sorot Sultra – Para pelaku penyebaran berita palsu (Hoax) menjelang Pilkada 2018, berhasil diringkus oleh Jajaran Korps Brigade Mobil (Brimob) Polda Sultra di Markas Komando (Mako) Brimob Polda Sultra, Selasa (14/11/2017). Aksi penangkapan yang berlangsung menegangkan ini, berawal dari kegiatan unjuk rasa oleh massa anarkis, akibat tersulut berita hoax yang berhembus di salah satu media sosial.
 
Setelah aksi unjuk rasa yang berakhir ricuh berhasil diredam, pihak Kepolisian dari Satuan Brimob Polda Sultra mendatangi tempat yang menjadi markas penyebaran berita hoax, hingga aksi tembak-menembakpun tidak dapat dihindarkan. Tim Gegana, dan cyber crime Brimob Polda Sultra, terjun langsung untuk membekuk para pelaku terorganisir tersebut, dimana seluruh kegiatan berakhir setelah aksi kejar-kejaran mobil yang berlangsung seru dapat diamankan.
 
Rentetan seluruh peristiwa yang juga melibatkan unsur dari TNI ini hanya merupakan simulasi, dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Brigade Mobil (Brimob) Polri, yang bertempat di halaman Mako Brimob Polda Sultra di Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Baca Juga :  200 Personel Polda Sultra diberangkatkan BKO ke Jakarta

Kegiatan HUT dimulai dengan pelaksanaan Upacara tepat pukul 08.00 Wita, yang dipimpin langsung oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Provinsi Sulawesi Tenggara, Brigjen. Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K, dengan didampingi Komandan Satuan (Dansat) Brimobda Sultra, Kombes. Pol. R. Kasero Manggolo, S.Sos, SH., M.Si.

Pada perayaan kali ini, juga turut dihadiri Para Petinggi bersama seluruh Personil Korps Brimobda Sultra, Jajaran Polda Sultra, Bhayangkari, Ka Binda, Danrem 143 Halu Oleo, Danlanal Kendari, Danlanud Halu Oleo, para pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi Sultra, Walikota/Bupati, serta beberapa tamu undangan lainnya.
 
Dalam pembacaan Amanat Kepala kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D,  oleh Kapolda Sultra. Dimana beliau berpesan “Korps Brimob Polri adalah Satuan Elit Kepolisian Republik Indonesia yang sudah ada sejak masa penjajahan hingga hari ini. Maka dari itu dengan semangat untuk meraih kepercayaan masyarakat melalui pengabdian yang beresiko tinggi, dalam menuju sikap profesionalitas, modern dan terpercaya, sehingga penanganan kamtibmas bisa berjalan sesuai harapan, sebagai bentuk pelayanan yang humanis, terukur, dan terpercaya”.
Brigjen. Pol. Andap Budhi Revianto melanjutkan, “Tahun depan ada beberapa agenda besar Nasional yang akan menjadi tantangan tersendiri bagi Satuan Korps Brimob Polri, salah satunya adalah pelaksanaan Asian Games, dan Pilkada serentak tahun 2018. Dan terakhir saya mengucapkan banyak terima kasih bagi seluruh Personil Brimob di seluruh Indonesia, atas dedikasinya selama ini dalam semangat pengabdian. Jangan sekali-kali mencederai korps Brimob Polri dengan cara apapun, bangun sinergitas dengan unsur TNI, Pemerintah Daerah, unsur Masyarakat, dan unsur-unsur terkait lainnya untuk membangun  kebersamaan dalam bingkai Kebhinekaan, sehingga Korps Brimob Polri bisa menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia. Untuk itu, perlu ada upaya yang lebih maksimal lagi dalam meningkatkan kinerja Satuan Korps Brimob Polri, sebagaimana motto dari Korps Brimob Polri itu sendiri; Sekali melangkah pantang menyerah, sekali tampil harus berhasil, jiwa ragaku demi kemanusiaan!”
 
Perayaan HUT Brimob Polri ke-72, tahun ini dipusatkan di Kota Tual, Provinsi Maluku, dengan Inspektur Upacara  Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, yang mengusung tema, “Dengan Semangat Sinergitas Korps Brimob Mewujudkan Promoter Untuk Meraih Kepercayaan Masyarakat”. Tema ini juga akan menjadi acuan bagi Satuan Brimobda Sultra dalam melaksanakan tugas di lapangan, sehingga silaturrahmi dan semangat kerjasama bisa dirajut dalam membangun sinergitas untuk Sulawesi Tenggara yang lebih baik ke depan. (RED)

Komentar

Berita Terkait