oleh

Atlet Catur PWI Sultra Tampil Gemilang di Porwanas ke-XIII Malang, Jawa Timur

Malang, Sorotsultra.com-Tim catur beregu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menahan imbang tim PWI Jawa Barat (Jabar) dalam pertandingan babak akhir Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) ke-XIII yang digelar di Hall El Hotel Kartika Wijaya, Kota Batu, Jawa Timur (Jatim), Kamis 24 November 2022.

Hasil imbang di babak VI yang diperoleh tim PWI Sultra ini lantaran berhasil merebut poin sama dengan tim kuat PWI Jabar yakni satu kemenangan, satu remis dan satu kalah. PWI Sultra pun berhak menempati posisi 11 dari 24 provinsi peserta catur beregu di ajang Porwanas 2022.

Atas raihan akhir ini, Ketua PWI Sultra, Sarjono mengucapkan selamat. Terlebih, prestasi catur kali ini merupakan satu catatan yang sangat signifikan sepanjang keikutsertaan tim PWI Sultra di ajang Porwanas.

“Saya menyampaikan rasa bangga dan hormat kepada rekan-rekan atlet catur serta seluruh ofisial yang telah bahu-membahu mengangkat prestise daerah khususnya PWI Sulawesi Tenggara. Dengan hasil ini, kita telah mengharumkan nama daerah Sulawesi Tenggara di ajang tertinggi kompetisi wartawan di Indonesia,” tutur Kopral Jono.

Baca Juga :  Kapolri Minta Peningkatan Layanan Publik saat Rakernis Gabungan 4 Divisi

Nyali Atlet Catur

Menjadi jawara pada ajang catur di setiap gelaran Porwanas merupakan hal yang sangat dinanti-nantikan oleh PWI Sultra. Namun, pada ajang Porwanas ke 13 kali ini Sultra baru mampu berhasil mencatatkan diri pada papan tengah skor peringkat nasional.

Bagi Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Sultra, Gafar, prestasi yang telah diukir oleh atlet catur PWI Sultra membuktikan bahwa PWI Sultra juga punya nyali bertarung di ajang kompetisi nasional.

“Di ajang Porwanas ke 13 ini telah membuktikan, atlet catur PWI Sultra memiliki nyali untuk berkompetisi dan menaklukkan lawan-lawannya yang tangguh, meskipun belum berhasil naik podium di ajang Porwanas Jatim 2022,” ujarnya.

Kebahagiaan Atlet Catur

PWI Sultra diketahui awalnya menurunkan khusus tiga atlet andalannya untuk mengikuti pertandingan cabang olahraga catur beregu di ajang Porwanas Jatim 2022. Ketiganya masing-masing, Zakaria Sidik, Mochammad Irwan dan La Ode Kadamu.

Akan tetapi, La Ode Kadamu tidak tampil karena terpaksa turun memperkuat tim futsal PWI Sultra sebagai penjaga gawang utama.

Baca Juga :  Polres Konsel Diduga Lepas Sopir Truk Tronton yang Menewaskan 1 Pengendara Motor

Kapten Tim Catur Beregu PWI Sultra, Zakaria Sidik mengaku bahagia atas raihan prestasi Sultra meskipun hanya tampil berdua bersama Mochammad Irwan di kelas catur beregu. Sebab, dari enam babak yang dipertandingkan, Sultra mampu menang empat kali dan hanya dua kali kalah.

“Dengan hasil ini kami selanjutnya akan evaluasi dan lebih mengintensifkan latihan lagi. Dan ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak,” ujar pria yang karib disapa Bang Jek ini.

Percasi Sultra Optimis Tembus Lima Besar

Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sultra ikut angkat bicara atas prestasi yang ditorehkan tim catur beregu PWI Sultra.

Ketua Bidang Pertandingan dan Perwasitan Percasi Sultra, Muhammad Ali Yasin, salut akan prestasi yang diukir atlet PWI Sultra di Porwanas kali ini. Sebab, walaupun hanya tampil dengan dua orang dalam satu tim catur beregu, PWI Sultra bisa meraih peringkat 11 dari 34 provinsi di Indonesia.

“Andaikan tim lengkap tiga orang, saya optimis PWI Sultra mampu menembus lima besar,” tutur Wasit Internasional itu yang juga intens memonitor perkembangan latihan atlet catur di Sekretariat PWI Sultra.

Baca Juga :  Hadapi Era Revolusi Teknologi Media, SMSI Siap Bermitra dengan Bukit Algoritma

Dengan hasil yang dicapai ini, Ali Yasin berharap dapat menjadi pemantik semangat bagi atlet-atlet catur baru di PWI Sultra untuk berbicara di kancah nasional di kemudian hari.

Berikut 24 daftar peringat tim beregu catur Porwanas 2022 hasil akhir tanding enam babak yang dipimpin langsung oleh Wasit Internasional, Yusuf Santriyono:
1. Kalimantan Selatan
2. Kalimantan Tengah
3. Sumatera Utara
4. Lampung
5. Nusa Tenggara Barat
6. Jawa Timur
7. Jawa Barat
8. DKI Jakarta
9. Riau
10. Kalimantan Timur
11. Sulawesi Tenggara
12. Sulawesi Selatan
13. Daerah Istimewa Aceh
14. Jawa Tengah
15. Bangka Belitung
16. Sumatera Selatan
17. Bali
18. Bengkulu
19. Jambi
20. Papua Barat
21. Banten
22. Kepulauan Riau
23. Sulawesi Tengah
24. Sulawesi Utara. (RED)