oleh

Basarnas Kendari Gelar Pelatihan Potensi SAR Permukaan Air di Kabupaten Muna

Muna, Sorotsultra.com-Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari, menggelar Latihan Potensi SAR di Kabupaten Muna. Sebanyak 50 Peserta dari berbagai instansi turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, terdiri dari unsur TNI-Polri, Pemerintah Daerah, Gerakan Pramuka, Karang Taruna, serta Organisasi dan Komunitas Masyarakat. 

Kegiatan Pelatihan Potensi SAR di Kabupaten Muna akan berlangsung dari tanggal 21 hingga 26 Juni 2021, bertempat di Gedung Galampa Kantolalo Rujab Bupati Muna dan Gedung Sarana Olahraga Laode Pandu. Pelatihan selama seminggu itu memberikan teori dan praktik.

“Pelatihan Potensi SAR yang diselenggarakan oleh Basarnas Kendari, bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pencarian dan penyelamatan di permukaan air atau water rescue, bagi 50 peserta potensi SAR di wilayah Kabupaten Muna dan sekitarnya,” kata Humas Basarnas Kendari Wahyudi dalam keterangan tertulisnya Senin, 21/6/2021.

Wahyudi menambahkan, untuk menyukseskan kegiatan tersebut, Basarnas Kendari mendatangkan observer dan instruktur tenaga pengajar dari Kantor Pusat dan Kantor Basarnas Kendari.

“Dalam kegiatan tersebut, para peserta akan ditempa berbagai kemampuan dalam melakukan pencarian dan pertolongan serta melakukan evakuasi, selain itu, sebagai wadah berbagi pengalaman sekaligus menjalin sinergitas dan soliditas antara Kantor Pencarian dan Pertolongan di wilayah Kabupaten Muna,” pungkas Humas Basarnas Kendari yang ramah itu.

Baca Juga :  Seorang Anggota Polres Kolaka Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan

Sementara itu, Direktur Bina Tenaga Basarnas Marsekal Pertama TNI Arif Widianto, dalam sambutannya berpesan, agar seluruh peserta untuk mempersiapkan mental dan fisik selama mengikuti Pelatihan Potensi SAR.

“Saya berharap seluruh peserta bisa mengikuti dan mempraktikkan ilmunya selama mengikuti pelatihan potensi SAR ini dengan sepenuh hati. Jadikan latihan ini untuk belajar membangun kerjasama tim, karena tanpa kerjasama tim, sebuah tugas belum tentu terlaksana dengan baik, karena dalam melaksanakan misi secara kelompok tidak ada istilah superman, yang ada adalah super tim,” tegas Arif Widianto.

Kegiatan pembukaan Pelatihan Potensi SAR ini turut dihadiri oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba, S.T, Forkopimda Kabupaten Muna, OPD Kabupaten Muna serta para pimpinan organisasi terkait. (RED)

Berita Terkait