oleh

Gelombang TKA Pertama Tiba, Ketua DPRD: Kami Belum Pastikan Surat Keterangan Keahlian yang Mereka Miliki

Konsel, Sorotsultra.com– Akhirnya, sebanyak 156 orang Tenaga Kerja Asing (TKA) gelombang pertama asal Tiongkok tiba di Bumi Anoa melalui Bandara Haluoleo Kendari pada pukul 20.40 WITA. Selasa, 23/6/2020.

Ke-156 TKA yang tiba dengan menumpangi pesawat Lion Air tersebut, rencananya akan bekerja di perusahaan smelter PT. Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) dan PT. Obsidian Stainless Steel (OSS) di Kec. Morosi, Kabupaten Konawe.

Ketua DPRD Sultra, H. Abdurrahman Saleh, saat dikonfirmasi di bandara Haluoleo Kendari mengatakan, “Kami masih meminta surat keterangan keahlian yang dimiliki ke-156 TKA yang baru tiba ini melalui pimpinannya atas nama pak Indra. Beliau yang akan menyerahkan kepada kami.”

Hingga saat ini, ia belum bisa memastikan apakah ke-156 TKA itu menggunakan visa 312 atau visa lainnya. Dia pun akan segera berkoordinasi dengan pihak Kantor Imigrasi kelas II A Kendari, untuk memastikan jenis visa yang mereka pegang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Kami akan mengumpulkan dulu data secara komprehensif agar tidak simpang siur. Setelah kami pastikan, maka langkah tegas akan kita ambil,” terangnya.

Baca Juga :  Bocah 4 Tahun Disekap Dalam Sebuah Rumah

“Terkait pihak imigrasi tidak datang langsung ke bandara untuk mengecek visa para TKA ini, mereka menjelaskan bahwa pihaknya tidak punya kewenangan, karena bandara Haluoleo Kendari adalah bandara domestik, lain halnya kalau bandara internasional, terkecuali jika ada penugasan khusus,” ujar Ketua DPRD Provinsi Sultra itu.

Untuk memastikan keabsahan dokumen yang dibawa oleh ke-156 TKA itu, ia akan mengkrosceknya langsung ke imigrasi dan memantaunya secara online. (RED)

Berita Terkait