oleh

Kapal Tongkang Bermuatan Ore Nikel, Berlabuh secara Ilegal di Wilayah Konservasi Kima Toli-Toli

Konawe, Sorotsultra.comMaraknya aktifitas parkir liar Kapal Tongkang dan Tugboat di wilayah Konservasi Kima, Desa Toli-Toli, Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe, mendapat sorotan tajam dari Kepala Bidang Pengembangan Sumberdaya Manusia Himpunan Pemuda, Pelajar, Mahasiswa Lalonggasumeeto (HIPPMALA).

Ikhsal Hatta saat di konfirmasi via WhatsApp pribadinya, Selasa 6/7/2021 mengatakan, sangat menyayangkan maraknya aktifitas parkir liar Kapal Tongkang dan Tugboat di wilayah Konservasi Kima  Desa Toli-Toli.

“Ini merupakan kejahatan yang akan merusak ekosistem Konservasi Kima dan terumbu karang di perairan laut Kecamatan Lalonggasumeeto,” tutur Ikhsal dengan nada kesal.

Untuk itu, Ikhsal meminta kepada pihak terkait agar segera menertibkan aktifitas parkir liar Kapal Tongkang dan Tugboat di kawasan perairan laut Kecamatan Lalonggasumeeto.

“Kami meminta pihak terkait, untuk segera melakukan penertiban, jika tidak, maka hal ini merupakan kejahatan lingkungan yang sengaja di biarkan,” tandasnya.

Selain itu, dari aktifitas parkir liar ini, tidak menutup kemungkinan para kru kapal sengaja membuang sampah ke laut sehingga bisa menghadirkan persoalan baru di perairan laut Lalonggasumeeto.

Baca Juga :  Polda Sultra Bentuk Tim Investigasi Terkait Dampak Unras Tambang

Di konfirmasi secara terpisah, Sekertaris Camat (Sekcam) Lalonggasumeeto, Muhammad Husain S.Si menuturkan, terkait persoalan parkir liar Kapal Tongkang dan Tugboat di wilayah perairan Lalonggasumeeto merupakan kewenangan Syahbandar. (RED)

Berita Terkait