oleh

Lanal Kendari Lakukan Rapid Test Massal bagi Pengguna Jasa Pelabuhan

Kendari, Sorotsultra.com- Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kendari, bersama satuan Gugus Tugas Penanganan Covid -19 Provinsi Sultra, menggelar rapid test massal bagi pengguna jasa pelabuhan.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Kesehatan Lanal Kendari ini, bertempat di Terminal Penumpang Pelabuhan Bungkutoko Kendari, Kamis, 28/05/2020.

Danlanal Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S.Sos. mengatakan, “Rapid test ini dilaksanakan atas perintah Panglima TNI, dengan tujuan untuk membantu tim pengendalian dan pengawasan penegakan hukum Gugus Tugas Covid-19 daerah.”

Ia menambahkan, “Hal ini berkaitan dengan ditetapkannya kriteria pembatasan perjalanan orang di seluruh wilayah Indonesia.”

Andike membeberkan bahwa secara teknis, tindakan antisipasi dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Sulawesi Tenggara ini, turut dibantu oleh tim KKP, Dinkes provinsi, unsur Ditjen Hubla, Polri dan syahbandar.

“Jadi sasaran kegiatan ini adalah pengguna jasa maupun fasilitas laut dan bagi para penumpang yang baru tiba maupun yang akan berangkat melalui pelabuhan ini,” ujar Danlanal.

Dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, personil Balai Kesehatan Lanal Kendari yang juga dibantu oleh Tim Kesehatan KKP dan Dinkes Provinsi, langsung memeriksa satu persatu Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), Operator Pelabuhan, maupun penumpang yang berada di pelabuhan Bungkutoko.

Baca Juga :  Sultra Terindikasi Terjadi 'Super Spreader', dari 133 ODP Menjadi 2049 Orang

Dalam Rapid Test ini, sebanyak 163 karyawan dan pegawai dari TKBM, Pelindo, KPLP, Kementrian Perhubungan, ABK, Pedagang pelabuhan, dan TNI – Polri yang bertugas di pelabuhan, juga ikut ambil bagian.

“Pelaksanaan Rapid Test massal ini akan dilanjutkan di pelabuhan-pelabuhan yang ada di Wilayah Sulawesi Tenggara,” pungkas Danlanal Kendari.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Kepala KSOP Kota Kendari, Letkol Mar Benyamin Ginting dan Dr. Wahyuni dari dinas KKP kelas II Kota Kendari. (RED/Pen Lanal Kendari)

Berita Terkait