oleh

Pos SAR Wakatobi Berhasil Selamatkan Seluruh Penumpang KM Aldi Pratama

Wakatobi, Sorot Sultra – Tim Rescue Pos SAR Wakatobi berhasil mengevakuasi Kapal Motor Aldi Pratama yang mengalami kerusakan mesin di perairan Lasalimu, Jum’at (1/12/2017).

Evakuasi ini berawal dari informasi warga yang bernama Supriyanto, bahwa pada pukul 12.05 Wita, Kapal Motor naas Aldi Pratama, rute Lasalimu – Wanci, mengalami kerusakan mesin di perairan Lasalimu pada titik koordinat 05º 16′ 00″ LS – 123º 17′ 01″ BT.

Kepala Basarnas Kendari, Djunaidi juga membenarkan insiden ini, ia menyampaikan, “Kami terima informasi pukul 12.20 Wita, maka Tim Rescue Pos SAR Wakatobi dengan menggunakan Rigit Inflatable Boat (RIB), langsung bergerak menuju TKM untuk melakukan evakuasi”.

Pada pukul 13.50 Wita, Tim Rescue Pos SAR Wakatobi tiba di TKP, setelah berkoordinasi dengan para kru kapal naas tersebut, langsung dilakukan tindakan evakuasi terhadap seluruh penumpang kapal.

Hingga pukul 14.30 Wita, seluruh penumpang yang berjumlah 16 orang dinyatakan selamat dan sudah berada di RIB, lalu dievakuasi menuju pelabuhan Wanci, sedangkan kru kapal yang berjumlah tiga orang tidak langsung di evakuasi oleh Tim Rescue, akan tetapi menunggu kapal lain untuk ditarik menuju pelabuhan.

Baca Juga :  Walhi Sultra Mensinyalir sekitar 70% Kerusakan Pesisir PLTU Nii Tanasa

Adapun daftar penumpang yang berhasil dievakuasi dari KM Aldi Pratama yakni, Rahman (25), Karohani (37), Abdul Rahim (51), Buya (53), Nur (59), Suprianto (31), Samaludin (48),  Azra (27), Astuti (45), Dinas (15 Bulan), Sahur (31), Ayyuf (26), Aminuddin (49), Harmon (29), Hasina (47), Riska (2). Sedangkan Kru Kapal KM Aldi Pratama, La Rabi, (56), Nurdin (32), Ardi (38).

Akhirnya, pada pukul 16.04 Wita, seluruh penumpang KM Aldi Pratama tiba di pelabuhan wanci dan dinyatakan selamat, tanpa adanya korban. Sementara itu, kapal motor Aldi Pratama yang dievakuasi, tiba di pesisir pantai Lasalimu pada pukul 16.30 Wita, dengan bantuan kapal milik keluarga La Rabi, yang merupakan Kapten KM Aldi Pratama.

“Pada pukul 17.00 Wita, Operasi Evakuasi Tim Rescue Pos SAR Wakatobi terhadap Kapal Motor Aldi Pratama yang mengalami kerusakan mesin di perairan Lasalimu, akhirnya dinyatakan berakhir dan ditutup”. Pungkas Djunaidi.

Sumber : Humas SAR Kendari

Editing : RED

Komentar