Ruksamin Tekankan APBD Fokus untuk Produksi Sektor Pertanian dan Perkebunan

Konut, Sorotsultra.com-Bupati Konawe Utara, Ruksamin menekankan pentingnya mengarahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk fokus pada produksi sektor pertanian dan perkebunan, Rabu, 31 Januari 2024.

Penegasan Ruksamin itu disampaikan saat menghadiri agenda Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Oheo dan Asera, pada Rabu, 24 Januari 2024.

“APBD kita arahkan bagaimana bisa kita maksimalkan produksi di dua sektor baik itu pertanian maupun perkebunan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ruksamin menegaskan bahwa sektor pertanian adalah pilar utama yang menopang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Konawe Utara.

Dalam pandangannya, pertanian menjadi pondasi kuat dalam menggerakkan roda ekonomi daerah, dan karenanya perlu mendapatkan perhatian maksimal.

“Untuk memastikan kelancaran program produksi pertanian dan perkebunan, saya mengecek kesiapan lahan di setiap desa. Langkah ini menunjukkan kepedulian pemerintah dalam mendukung para petani dan meningkatkan ketahanan pangan daerah,” harapnya.

Di kesempatan itu pula, Ruksamin kembali menyerahkan secara simbolis bantuan alat pendeteksi stunting kepada pemerintah desa dan Puskesmas di dua kecamatan yang ia kunjungi hari itu. (RED)