oleh

Dirkrimsus Beserta Jajaran Sangat Antusias Menyambut Kedatangan Pengurus SMSI Sultra Dikantornya

Kendari. Sorot Sultra – Pihak Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra), dalam hal ini Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) beserta Jajaran sangat menyambut baik atas Audiensi Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), untuk menjalin kerjasama dalam fungsi siber, agar dapat memfilter berbagai jenis informasi yang tersebar dimedia sosial. Rabu, 29/8/2018.

Kunjungan silaturrahmi Pengurus SMSI Provinsi Sultra ini mendapat tanggapan luar biasa baik dari Dirkrimsus, selaku Jajaran di Polda Sultra yang berhadapan langsung dengan Fenomena penyebaran konten hoax, asusila, dan isu sara yang semakin meluas serta susah untuk dikendalikan.

Seperti yang dikatakan Dirkrimsus, Kombes Pol. Yandri Irsan dihadapan Pengurus SMSI Sultra, bahwa, “Terima kasih atas kedatangan Pengurus SMSI Sultra di Direktorat krimsus Polda Sultra, sehingga kita dapat membicarakan tentang banyaknya fenomena penyebaran konten hoax, asusiala, dan isu sara yang semakin meluas serta tidak terkendali di Sultra melalui media sosial saat ini”.

Menurutnya, “Sekarang di Ditkrimsus dominan menerima pelaporan terkait isu sara yang bersumber dan berkembang dari media sosial facebook, walaupun kasus ini banyak Kami selesaikan secara kekeluargaan”.

Baca Juga :  Identitas 3 Pasien Positif Corona Sultra Masih Teka-Teki

Ia juga berharap, “semoga melalui SMSI ini dapat terbangun sinergitas dengan Polda Sultra dalam menangkal informasi yang berpotensi konflik di media sosial, dengan mengulas informasi yang hangat dibicarakan masyarakat di dunia maya secara benar dan bertanggung jawab”.

Keinginan Dirkrimsus ini sejalan dengan tujuan dari kunjungan Pengurus SMSI ke Polda Sultra, dimana hendak menyatukan persepsi antara konsistensi keberadaan Media Siber dengan program pencegahan permasalahan informasi hoax, yang sangat berpotensi terjadinya konflik sosial dimasyarakat.

Gugus Suryaman selaku Ketua SMSI Sultra ditempat yang sama langsung menanggapi sambutan Dirkrimsus dengan mengatakan, “Kami selaku Penggiat dan Asosiasi penyedia Informasi hadir sebagai jawaban dari permasalahan informasi yang kian tidak terkontrol di media sosial, karena SMSI selaku wadah yang merangkul para Media Siber untuk menjalankan Perusahaan Pers sesuai ketentuan dari Dewan Pers, serta menjadi wadah kerjasama antara Perusahaan Pers, baik dari segi ekonomi, hukum, dan pemberitaan”.

Lebih lanjut dikatakan, “Penertiban Media Siber melalui SMSI merupakan langkah nyata perusahaan media untuk menghasilkan berita yang berkualitas, akurat, serta terpercaya, dan bersumber dari narasumber yang kompoten, sehingga setiap berita dalam keanggotaan SMSI dapat dipertanggung jawabkan”.

Baca Juga :  BNN Kota Kendari Canangkan Lima Kelurahan Bebas Narkoba

Dalam pertemuan kali ini SMSI dihadiri 6 perwakilan Perusahaan Media Siber, yakni Sultrakini.com, Mediakendari.com, Wartawan Senior Antara Sultra, Sorot Sultra.com, Pena Sultra.com, dan Zona Sultra.com, yang mana SMSI bersama Direktorat Kriminal Khusus Polda Sultra menyepakati untuk membahas kerjasama yang akan dibicarakan pada pertemuan selanjutnya, sehingga persoalan informasi hoax dimedia sosial dapat diselesaikan secara bersama-sama. (RED)   

Komentar

Berita Terkait