oleh

Kolaka Utara Malam Ini Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 3,0

Kendari. Sorot Sultra.Com – Semalam, sekitar pukul 22.00 wita, masyarakat di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), merasakan guncangan, yang diakibatkan oleh gempa bumi berkekuatan Magnitudo 3,0.

Setelah sempat mengguncang beberapa wilayah Kabupaten di Sultra, sekarang giliran Kabupaten Kolut dihebohkan dengan adanya goyangan akibat gempa bumi, pada Jumat malam, 19/10/2018.

Menurut hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari mengatakan, gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Kolut terjadi pada pukul 22:02:41 wita, dengan kekuatan M=3,0.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Stasiun Geofisika dalam rilisnya, bahwa, “gempa bumi dengan episenter 3,61 LS – 120,86 BT, yang mengguncang Kabupaten Kolut, berada disekitar 63 KM Barat Daya Lasusua – Sultra, dengan kedalaman 10 KM”.

Turut dijelaskan pula berdasarkan dari laporan masyarakat, menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan sedang dirasakan diwilayah Lasusua dalam skala intensitas II MMI, dan tidak ada informasi mengenai kerusakan yang terjadi akibat gempa bumi tersebut.

“Sedangkan terkait dengan peristiwa gempa bumi diwilayah Lasusua – Kabupaten Kolut, hingga laporan kami disusun pada pukul 23.40 wita, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan”, ujarnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Kualitas Profesi, HMJ Keperawatan Universitas Mandala Waluya Gelar Seminar Nasional

Ia pun berharap kepada masyarakat agar tidak perlu takut, karena gempa bumi ini tidak berdampak terhadap akan adanya potensi tsunami, dan tetap beraktivitas seperti biasanya.

“Adapun ditinjau dari kedalamannya, hal ini merupakan gempa bumi dangkal, akibat aktivitas sesar Kolaka di wilayah Barat Darat Lasusua – Sultra”, Pungkas Rosa Amelia, S.Si. (RED)

 

 

Komentar

Berita Terkait