Maraknya Isu Penculikan Anak di Bumi Anoa, Kapolda Sultra: Itu Hoaks

Kendari, Sorotsultra.com-Jumat Curhat bersama Kapolda Sultra, Irjen Pol Drs. Teguh Pristiwanto kembali dilaksanakan bersama masyarakat dan komunitas off road. Jumat (27/01/2023) pagi di kota Kendari. 

Dalam kesempatan itu, salah satu perwakilan warga bernama Simon menanyakan kepada Kapolda Sultra terkait dengan langkah-langkah pihak kepolisian terhadap maraknya isu penculikan anak, sebab telah membuat resah masyarakat. Selain itu, aktivitas geng motor di kota Kendari yang akhir-akhir ini sering berulah pada malam hari.

Menjawab pertanyaan warga, Kapolda Sultra menegaskan, terkait maraknya isu penculikan anak saya pastikan itu adalah hoaks, dan penyebar hoaks tersebut telah diamankan, salah satunya di kabupaten Konawe.

“Jadi sekelompok pemuda di Konawe sengaja membuat berita DPO penculikan anak dengan mencantumkan foto temannya, kemudian di posting di media sosial dan viral. Setelah dibekuk dan dimintai keterangan ternyata motifnya hanya sekedar iseng belaka. Begitu pula kejadian di Muna Barat hanya miss komunikasi antara pihak keluarga anak yang dilaporkan diculik dengan warga sekitar. Bahkan kejadian penculikan anak di kota Kendari beberapa waktu lalu itu motifnya masalah keluarga,” kata Teguh Pristiwanto.

Baca Juga :  Seorang Ibu Hamil Tewas Dipukuli Tabung Gas 3 Kg

“Bukan kelompok penculikan anak ya, jadi masyarakat jangan mudah terprovokasi dengan adanya informasi yang menyesatkan,” tuturnya menegaskan.

Lebih lanjut Teguh Pristiwanto mengatakan, berkaitan dengan maraknya genk motor pada malam hari, pihaknya telah melaksanakan patroli skala besar di malam hari khususnya pada waktu yang rawan terjadinya gangguan kamtibmas.

“Kalau kita temukan para remaja yang sedang berkumpul langsung dibubarkan, jika ditemukan hal-hal yang mengarah ke tindak pidana seperti membawa sajam, narkoba maka langsung diamankan,” pungkasnya. (RED)