oleh

Pembangunan Infrastruktur TIK di Support Kapolri, Menkominfo: Satu Tujuan Untuk Kepentingan Masyarakat Indonesia

Jakarta, Sorotsultra.com-Pembangunan infrastruktur Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang di galakkan Kominfo RI, untuk penguatan ruang digital di seluruh Indonesia. Mendapatkan dukungan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dukungan tersebut disampaikan Sigit saat menerima kunjungan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Johnny G. Plate di Gedung Utama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa 4/5/2021.

“Kami siap mendukung program Menkominfo untuk membangun infrastruktur TIK, karena adanya program tersebut bisa memberi pelayanan bagi seluruh masyarakat hingga ke pelosok. Sehingga masyarkat kita bisa memiliki kemampuan yang sama, fasilitas sama, seperti masyarakat yang ada di wilayah perkotaan,” kata Sigit usai bertemu Menkominfo.

Sigit menjelaskan, kebutuhan teknologi dewasa ini memang sangat mendasar bagi masyarakat kita. Terlebih di tengah Pandemi Covid-19Covid-19 saat ini.

Menurut Sigit, sebelum Pandemi kebiasaan masyarakat yang tadinya bisa bercengkrama secara langsung, namun setelah Pandemi kemudian beralih ke pelayanan Online. Maka dari itu, diperlukan penguatan ruang digital dengan menyediakan infrastruktur TIK yang memadai.

Dengan beralihnya ke sistem digitalisasi, maka diharapkan seluruh pelayanan masyarakat diberbagai sektor dapat terpenuhi dan memudahkan masyarakat dalam beraktivitas.

Baca Juga :  Tim Intel Korem dan Unit Intel Kodim Kolaka Membongkar Bandar Somadril

“Kami juga tahu bahwa ini menjadi kebutuhan bersama. Apalagi seluruh negara saat ini sedang menghadapi situasi Pandemi Covid-19, sehingga pelayanan masyarakat harus menyesuaikan dari sebelumnya Offline menjadi Online, ini tentunya menjadi satu kebutuhan yang harus didukung dengan kemajuan teknologi informasi, baik di dunia pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan hal lain yang tentu mau tidak mau harus ada penyesuaian,” ujar Sigit.

Sementara itu, Menkominfo, Johnny G. Plate mengungkapkan, pihaknya akan melengkapi pembangunan infrastruktur seluruh Indonesia di 83.548 desa dan kelurahan dengan kehadiran signal 4G.

Sebab itu, Kominfo memerlukan peran Polri dalam pembangunan infrastruktur TIK di wilayah 3 T melalui BLU bakti Kominfo. “Tentu dalam pembangunan itu ada banyak kerjasama yang harus dibangun baik lintas kementerian lembaga maupun pemerintah daerah dan ekosistemnya,” ujar Johnny.

Dengan kerjasama itu, Johnny meyakini bahwa pembangunan infrastruktur tersebut bisa berjalan dengan baik dan maksimal. Sebab itu, Ia berharap, Polri mampu mengerahkan jajarannya dalam menyukseskan pembangunan TIK.

“Secara khusus, Kominfo berharap dukungan personel yang dimiliki Polri dan tersebar di seluruh wilayah tanah air bisa menjadi modal kuat dalam kolaborasi pembangunan TIK. Dengan semangat yang sama untuk kepentingan masyarakat indonesia. Karena di era digital saat ini telah menjadi kebutuhan yang tidak bisa lagi di indahkan,” ucap Johnny. (RED)

Baca Juga :  Wali Kota Kendari: Mari Sambut Tamu HPS Dengan Mengedepankan Kearifan Lokal

Berita Terkait