oleh

Resmi Luncurkan Mobil Listrik, Sulkarnain: Momentum Pemanfaatan Keunggulan Daerah

Kendari, Sorotsultra.com-Puncak perayaan HUT Kota Kendari yang ke 190, Wali Kota Kendari H. Sulkarnain K, SE., ME, resmi meluncurkan 1 unit mobil listrik Hyundai IoniQ Electric jenis sedan berbasis baterai, yang di klaim termurah di Indonesia saat ini. Ahad, 9/5/2021.

Sulkarnain mengatakan, kehadiran kendaraan listrik berbasis baterai ini menjadi salah satu upaya Pemkot Kendari memperkenalkan potensi sekaligus pemanfaatan keunggulan daerah, mengingat Sulawesi Tenggara memiliki sumber daya alam (SDA) Nikel yang melimpah sebagai bahan baku pembuatan baterai lithium.

“Penggunaan mobil listrik nantinya akan diberlakukan secara bertahap untuk mengganti semua kendaraan dinas (randis) kepala organisasi perangkat daerah lingkup Pemerintah Kota Kendari,” imbuh Sulkarnain.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya mewujudkan visi dan misi Kota Kendari sebagai Kota layak huni berbasis ekologi, informasi dan teknologi.

“Kebijakan ini diharapkan menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat melalui pemanfaatan teknologi yang ramah lingkungan,” pungkasnya.

Lalu seperti apa spesifikasi yang ditawarkan mobil listrik asal negeri ginseng Korea Selatan (Korsel) itu, selain murah juga memiliki Baterai dan Performa yang mumpuni, Hyundai Ioniq telah menggunakan motor listrik bermagnet permanen dan berefisiensi tinggi sebesar 100 kW (136 PS) yang dipasok oleh baterai lithium ion 38,3 kWh. Motor mengembangkan torsi 295 Nm yang didistribusikan ke roda depan, dan ber akselerasi 0-100 m dalam 9,9 detik.

Baca Juga :  Sikap Arogan Dipertontonkan Oleh Oknum Anggota DPRD Sultra

Dengan jarak tempuh Hyundai Ioniq mencapai 373 km (berdasarkan NEDC) dan 311 km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya. Pengisian daya penuh dapat dicapai dalam 54 menit untuk pengisian nol hingga 80 persen dengan menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW (DC).
(RED)

Berita Terkait