oleh

Gelar Rakor Lintas Sektoral, 3.500 Personel Gabungan Siap Amankan Perayaan Natal dan Malam Pergantian Tahun Baru 2020

Kendari, Sorotsultra.com – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Rapat (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka persiapan Operasi Lilin 2019. Kegiatan itu digelar di Aula Dachara Polda Sultra dan diikuti seluruh instansi terkait. Selasa, 17/12/2019.

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Drs. Merdisyam, M.Si., saat ditemui usai rapat tersebut mengungkapkan, tujuan dari Rakor ini untuk mengecek kesiapan seluruh stakeholder yang ada, karena pengamanan natal dan tahun baru bukan hanya domain dari pihak kepolisian.

“Memang leading sektornya adalah Polda yang melaksanakan pengamanan Operasi Lilin Anoa 2019. Tetapi ini pelibatan keseluruhan stakeholder yang ada, baik unsur utama maupun unsur pendukung,” terang Kapolda.

“Tadi kita sudah melihat dan mendengarkan langsung kesiapan dari unsur utama yaitu pengamanannya. Kemudian unsur pendukung, terkait dengan distribusi bahan bakar, kemudian ketersediaan listrik, distribusi pangan, bahkan sampai kesiapan sarana prasarana penunjang lainnya,” tambahnya.

Menurutnya, berdasarkan rapat yang sudah dilaksakan, ia mengaku seluruh stakeholder terkait sudah siap untuk melakukan pengamanan dan mengamankan perayaan natal dan malam pergantian tahun baru 2020.

Baca Juga :  Polda Sultra Melakukan Pembinaan Dan pelatihan Bagi Calon Anggota Polri

Tidak tanggung-tanggung, secara keseluruhan jumlah personel yang akan diterjunkan sebanyak 3.500 orang. Personel sebanyak itu merupakan gabungan dari TNI-Polri dan unsur pendukung lainnya yaitu Pemerintah Daerah (Pemda).

“Selain itu dalam pelaksanaannya, kami juga melibatkan unsur masyarakat baik dari tingkat provinsi sampai dengan kabupaten. Ini berlaku secara serentak di seluruh wilayah hukum Polda Sultra,” ungkap Kapolda.

Dalam perayaan natal kali ini, Polda Sultra akan memfokuskan pengamanan pada tempat peribadatan (Gereja) serta tempat-tempat misa. Sedangkan untuk perayaan tahun baru, pihaknya akan memfokuskan pada pusat kegiatan masyarakat.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar dalam perayaan tahun baru sebaiknya tidak hanya bersifat hura-hura dan pesta dijalan. Tetapi lebih baik mari kita bersama-sama tingkatkan kegiatan ibadah sesuai dengan keyakinan yang dianutnya,” pungkasnya. (RED)

Berita Terkait