oleh

Posko TMMD, Membuka Layanan Berobat Gratis Bagi Warga

Konawe. Sorot Sultra.Com – Posko Satuan Tugas (Satgas) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Kodim 1417/Kendari, juga membuka pelayanan kesehatan gratis kepada warga di Kecamatan Anggotoa, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sudah sepekan ini, Posko Satgas TMMD 104 di Kecamatan Anggotoa banyak dikunjungi warga, baik untuk sekedar konsultasi, maupun melakukan pemeriksaan kesehatan, serta meminta pengobatan atas berbagai penyakit yang tengah dideritanya.

Pelayanan pemeriksaan kesehatan bagi warga sekitar posko, di Desa Karandu, Kec Anggotoa ini, merupakan salah satu program sasaran dari Satgas TMMD dibidang non fisik, yang ditujukan untuk mengakomodir permasalahan kesehatan dan mengedukasi masyarakat terhadap pola hidup sehat.

Yanti (46), salah satu warga Desa Karandu yang datang ke posko Satgas untuk memeriksakan keluhan kesehatannya kepada Tim Kesehatan yang sudah stanby disana, mengatakan, kendala warga di sini kalau malam tidak ada pelayanan kesehatan, apalagi saat hari libur kerja.

” Terkadang kami harus ke Puskesmas Kecamatan Wawotobi, dengan menempuh jarak puluhan kilo meter, hanya untuk mendapatkan pengobatan diwaktu malam hari,” ujarnya.

Baca Juga :  Persatuan Wartawan Indonesia Luncurkan Program Peduli Masyarakat

Menurutnya, keberadaan posko TMMD, diwilayah mereka sangat membantu warga desa dalam memenuhi kebutuhan akan pelayanan kesehatan, khususnya diwaktu darurat. “Bapak TNI memberikan pelayanan dan obat gratis kepada kami ,” ucap Yanti

Perwira Seksi Teritorial Kodim 1417/Kendari, Lettu Inf. Syafaruddin saat di konfirmasi menyampaikan, keberadaan Posko di Desa Karandu, selain sebagai pusat kendali pengerjaan program TMMD, juga digunakan sebagai sarana pelayanan kesehatan bagi warga.

“Kami memberdayakan tenaga medis kesehatan yang juga tergabung dalam Satgas TMMD 104, guna memberikan fasilitas pelayanan kesehatan kepada warga sekitar posko,” jelasnya.

Hal tersebut turut dipertegas oleh Dandim 1417/Kendari, Letkol CPN. Fajar lutvi haris wijaya, dengan mengatakan, kalau Satgas juga diperkuat tim kesehatan, yang akan selalu berada di posko, untuk memberikan pemahaman tentang pola hidup sehat, dan melaksananakan pelayan kesehatan bagi warga.

“Siapa saja, dan kapan saja, masyarakat membutuhkan, kami telah menyiapkan tenaga kesehatan yang stanby diposko, dimana mereka bertugas untuk membantu warga dalam hal pemberian pelayanan kesehatan secara gratis, 1 X 24 Jam,” tegas Dandim yang senantiasa ramah tersebut. (RED)

Baca Juga :  Infrastruktur Data jadi Target Prioritas Ridwan Badallah

Komentar

Berita Terkait