oleh

Tingkatkan Kualitas Profesi, HMJ Keperawatan Universitas Mandala Waluya Gelar Seminar Nasional

Kendari, Sorotsultra.com – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Keperawatan Universitas Mandala Waluya melaksanakan Seminar Nasional sekaligus Diskusi Publik.

Sebanyak 244 peserta turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut yang dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom. Selasa, 24/11/2020.

Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan itu adalah “Peran Perawat dalam Penanganan dan Penanggulangan Bencana di Daerah Pesisir dan Pertambangan”.

Rektor Universitas Mandala Waluya, Dr. PH. Hj. Tasnim, SKM., MPH saat membuka kegiatan seminar memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan itu. Sebab menurutnya kegiatan tersebut telah mewakili Tridharma kampus.

“Melihat dari tujuan seminar ini telah mewakili semangat Tridharma kampus kita, yakni pengabdian kepada masyarakat,” ujar Hj. Tasnim.

Lebih jauh Tasnim mengatakan daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) mayoritas wilayah pesisir dan area pertambangan, tentunya dengan kegiatan seperti ini bisa memberikan wawasan kepada mahasiswa langkah apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi musibah.

“Jika terjadi bencana secara tiba-tiba bisa di antisipasi dengan baik dan terarah, jika tidak maka akan sangat rentan bisa menimbulkan banyak korban jiwa,” jelasnya.

Baca Juga :  Tak Berkutik, Buser 77 Polres Kendari Bekuk Jambret Hp

Tasnim pun berharap kegiatan ini bisa menjadi sarana edukasi bagi mahasiswa keperawatan sehingga bisa disampaikan kepada masyarakat terkhusus yang berada di wilayah pesisir dan pertambangan.

Sementara itu, Ketua Panitia Seminar Tuti Amniati Samiru, mengatakan di daerah Sultra sendiri memang sering terjadi bencana khususnya di daerah pesisir dan pertambangan.

“Kegiatan ini memang bertujuan untuk edukasi kepada mahasiswa keperawatan, agar kualitas kerja dan profesi perawat dalam penanggulangan bencana di wilayah pesisir dan pertambangan dapat meningkat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sumber pendanaan dari kegiatan seminar ini berasal dari kas Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Keperawatan, dan para sponsor antara lain, MHIC dan AM BISNIS GROUP. (RED)

Berita Terkait