oleh

Hadirnya Koperasi, Menjadi Sarana Bagi Peningkatan Kesejahteraan Prajurit

Kendari. Sorot Sultra.Com – Komandan Kodim 1417 Kendari, dengan disaksikan oleh perwakilan dari Dinas Koperasi Kota Kendari, meresmikan toko dan Kantor Primer Koperasi Kartika Hasanuddin Kendari, setelah hampir dua bulan dilakukan renovasi. Rabu, 6/2/2019.

Dalam sambutannya, Komandan Kodim 1417 Kendari, mengungkapkan, “Pertama kali saya bertugas di Kendari, kondisi kantor koperasi terkesan kumuh sekali, di ibaratkan seperti tempat menjual VCD bajakan. Melihat kondisi tersebut, akhirnya saya langsung melakukan diskusi dengan penanggung jawab koperasi, dalam hal ini Kapten Edy, untuk membuat perencanaan renovasi.”

Bedasarkan hasil diskusi itulah, penanggung jawab koperasi mendapat tugas untuk segera membuat rancangan renovasi yang akan dilakukan. Dengan sikap progresif dan tanggungjawab, tidak sampai 2 pekan plan renovasi dapat diselesaikan.

“Setelah perencanaan di buat, Alhamdulillah dalam jangka waktu 1 bulan setengah proses renovasi sudah bisa di rampungkan. Hari ini, telah kita saksikan bersama, Kantor Primer Koperasi Kartika Hasanuddin Kendari, telah bisa digunakan sebagai mana mestinya,” lanjut Letkol CPN. Fajar Lutvi Haris Wijaya, SE. M.I.Pol.

Baca Juga :  Hasil Autopsi, Tulang Belulang Manusia Tanpa Kepala di Busel Korban Mutilasi

Ia pun menuturkan, tujuan dari hadirnya sebuah koperasi di Kodim Kendari, sesuai dengan amanah Undang-Undang Dasar 1945, yang termaktub dalam pasal 33 ayat 1, dimana merupakan soko guru perekonomian, bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Hadirnya wadah koperasi masih terpinggirkan, akan tetapi ketika masuk pada sendi kehidupan bermasyarakat dan kehidupan prajurit, maka kehadiran koperasi sangat membantu, serta sangat luar biasa, karena akan tercipta sebuah pembangunan sinergitas dalam melakukan kegiatan usaha, dengan asas kekeluargaan,” ucapnya. 

Dandim Kendari mengharapkan, dengan diresmikannya koperasi tersebut, tujuan utama mensejahterakan anggota dapat tercapai, dan terbukanya akses bagi masyarakat untuk ikut berbelanja, dengan turut menyediakan kebutuhannya, serta memberikan harga lebih terjangkau. Sehingga tidak hanya akan menguntungkan bagi prajurit, namun juga bagi masyarakat yang datang berbelanja.

“Kedepannya, kita akan mengembangkan unit usaha dengan menjalin kerjasama, diantaranya bersama biro perjalanan umrah dari Jakarta, dimana para anggota yang akan menunaikan umrah, tidak harus membayar terlebih dahulu, nanti pihak biro perjalanan akan mengatur sistim pembayarannya. Selisih keuntungan, akan dikelola oleh koperasi, dengan harapan income bisa bertambah, sehingga unit usaha lainnya bisa kita buka lagi,” tutupnya. (RED)

Baca Juga :  Tren Nilai Ekspor Sultra Mengalami Kenaikan Sekitar 15,26 Persen Di tahun 2018

Komentar

Berita Terkait