oleh

Lima Pelajar SMPN 3 Kendari Diamankan ke Koramil 1417-10 Kota Diduga Membawa Narkoba

Kapolri

Kendari, Sorotsultra.com – Peredaran barang haram (Narkotika) diduga jenis tembakau gorila semakin mengkhawatirkan, setelah pihak Komando Rayon Militer (Koramil) 1417-10 Kota mengamankan lima orang pelajar SMP Negeri 3 Kendari. Satu diantara kelima pelajar itu kedapatan membawa satu gulung rokok sinte (tembakau gorila) di area sekolah. Senin, 21/10/2019.

Komandan Koramil 1417-10 Kota, Mayor Inf. Hadi Prayitno, menjelaskan awalnya seorang satpam sekolah mendapati salah satu siswa berinisial I membawa satu gulungan rokok sejenis tembakau didalam tasnya.

“Pada saat itu sedang berlangsung jam istirahat kedua, karena curiga, satpam sekolah lalu menggeledah tas siswa tadi untuk memastikan apa yang ada didalam tas tersebut,” ujar Hadi Prayitno didepan awak media.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan interogasi, siswa tersebut mengakui rokok sinte (tembakau gorila) yang ia miliki dibeli seharga Rp25.000 per gulungnya dengan cara patungan bersama 4 rekannya yang sudah menunggu didalam disekolah. Akhirnya, pihak sekolah berinisiatif untuk membawa kelima siswanya ke kantor Koramil 1417-10 Kota, untuk dilakukan pendalaman lebih lanjut.

Baca Juga :  Jajaran Kodim Mamuju Menggagalkan Peredaran Narkoba Menggunakan Driver Online

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMPN 3 Kendari, Karya mengungkapkan, berdasarkan pengakuan dari kelima siswa, mereka hanya disuruh membeli barang itu oleh temannya yang berinisial MA.

“Mereka patungan beli itu Rokok Sinte di sebuah bengkel motor. Tidak jauh juga dari SMPN 3 Kendari,” katanya.

Kini pihak Koramil 1417-10 Kota telah melakukan komunikasi dengan Satuan Reserse Narkoba Polres Kendari, untuk mengecek jenis tembakau dan melakukan pengembangan.

Untuk diketahui, tembakau Gorila dapat memberikan efek samping yang hampir mirip seperti ganja. Penggunaan tembakau ini hampir sama dengan merokok, yakni dengan cara dihisap. Kemudian setelah seseorang menghisap tembakau tersebut, efeknya bisa menyebar hingga ke organ tubuh lain seperti paru-paru hingga ke otak.

Puncaknya, seseorang yang sedang mengkonsumsi tembakau Gorila akan terdiam, layaknya tertimpa gorila. Efek samping yang juga bisa muncul dari penggunaan tembakau Gorila menurut BNN yakni dapat mengalami gangguan psikiatri. Gangguan tersebut seperti agitasi, agresi, psikosis, kecemasan, gejala-gejala putus zat, hingga mengalami ketergantungan. (RED)

Kota Layak Huni

Berita Terkait