oleh

Optimalkan Layanan Publik, Pemerintah Kecamatan Puuwatu Andalkan Bank Data di Semua Kelurahan

Puuwatu, Sorotsultra.com-Optimalkan layanan publik, Pemerintah Kecamatan Puuwatu andalkan bank data di setiap Kelurahan, demi mendukung sinkronisasi program Pemerintah Kota Kendari. Sabtu, 24 September 2022.

Program kerja yang diinisiasi oleh Sekcam Puuwatu Hery, S.Si., M.Si itu mendapatkan dukungan penuh dari Camat Puuwatu Alfian, S.P., M.M.

“Bank data ini merupakan peralihan dari data manual menjadi data digital, dengan mengacu pada kartu keluarga setiap warga. Terobosan ini akan kita dukung sepenuhnya,” kata Alfian.

“InsyaAllah bank data ini secara detail akan kita kembangkan setelah bank data dasar telah rampung. Tujuannya agar bank data kita update dan real tanpa ada manipulasi data yang bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Sekretaris Camat Puuwatu, Hery, S.Si., M.Si menuturkan, bank data yang ia inisiasi untuk memudahkan pemerintah kelurahan dan kecamatan untuk mengusulkan setiap program pemerintah kota yang dibutuhkan masyarakat. Salah satu contoh, data penerima bansos kerap berubah, maka melalui bank data ini akan kita sinkronkan.

Baca Juga :  Lurah Lahundape Rangkul Warga Lakukan Pembersihan Saluran Air

“Kita harus bersinergi mulai dari tingkat RT/RW, kelurahan dan kecamatan. Akurasi data menjadi bagian penting sehingga program Pemerintah Kota Kendari bisa dijalankan sesuai peruntukannya. Terlebih ada surat tembusan dari kementerian terkait untuk mengumpulkan data, mengolah data untuk kepentingan publik. Saat ini di Kecamatan Puuwatu baru Kelurahan Abeli Dalam dan Lalodati yang sementara menyiapkan bank data, dan 4 kelurahan lainnya akan menyusul,” ujarnya.

Ketua RT II Kelurahan Abeli Dalam Rusdin L mengatakan, pihaknya mengapresiasi terobosan bank data ini, karena selama ini kami kesulitan untuk menjelaskan data ketika ada pihak-pihak yang menanyakan data warga.

“Kami siap sukseskan program bank data ini, Bank data ini sangat penting karena pihak-pihak terkait ketika menanyakan data maka kita sudah ada,” tutupnya. (RED)