oleh

Sulkarnain Minta Dinas Dalduk-KB Maksimalkan Peran Pokja Kampung KB di Setiap Kelurahan

Kendari, Sorotsultra.comWali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir, S.E., M.E. berharap Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana memaksimalkan peran kelompok kerja (Pokja) Kampung KB di setiap kelurahan. Selasa 26 Oktober 2021.

“Program yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Januari 2016 yang lalu, bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK, serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas,” kata Sulkarnain dihadapan kader Pokja Kampung KB Kelurahan Anggilowu.

Sulkarnain menambahkan, bahwa program Kampung KB memiliki tujuan untuk memfasilitasi, mendampingi, dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) dan juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan.

“Peran aktif kader Pokja Kampung KB dalam menjabarkan dan mengkoordinasikan kegiatan Kampung KB dengan sektor terkait sangat diharapkan,” imbuhnya.

Senada dengan itu, Lurah Anggilowu, Hery, S.Si., M.Si, mendukung serta mengapresiasi terbentuknya Kampung KB di wilayahnya.

“Ini patut kita support dan apresiasi.
Sehingga 8 fungsi keluarga meliputi fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi pendidikan dan fungsi ekonomi bisa di sinkronkan lintas sektor. Tentunya menjalankan keseluruhan fungsi tersebut dengan baik membutuhkan usaha yang tidak mudah. Karena itu, setiap keluarga harus mempunyai arah dan tujuan ke depan. Diharapkan dengan dilaksanakannya 8 fungsi tersebut, keluarga Indonesia dapat menjadi keluarga yang sejahtera dan berkualitas,” tutup Hery.

Baca Juga :  Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara Mendorong Implementasi Perda Pelestarian Bahasa dan Sastra Daerah

Untuk diketahui, definisi dari Kampung KB sendiri adalah satuan wilayah setingkat RW, dusun, atau yang setara, yang memiliki kriteria tertentu di mana terdapat keterpaduan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistematis.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri, Camat Mandonga Nasaruddin, S.Sos, Kadis Dalduk-KB Kota Kendari, Drs. H. Jahudding, M.Si, Lurah Labibia, Sukrin, SE, dan Lurah Wawombalata, Sirajuddin, SE. (RED)

Berita Terkait