oleh

Resmikan HPS ke-39, Mentan RI: Cita-Cita Kita Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia 2045

Kapolri

Konawe Selatan, Sorotsultra.com – Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI) secara resmi membuka perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39 tahun 2019 di Desa Pudambu, Kecamatan Angata, Kabupaten. Konawe Selatan. Sabtu,2/11/2019.

Kegiatan World Food Day Indonesia tahun ini mengangkat tema ‘Teknologi Industri Pertanian dan Pangan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045’.

Menteri Pertanian Republik Indonesia, Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH dalam sambutannya mengharapkan dukungan dari semua pihak, terkhusus pemerintah daerah baik itu Gubernur, Bupati/Walikota untuk memberikan perhatian khusus pada sektor pertanian.

“Sektor pertanian menjadi modal penting untuk memajukan bangsa dalam ketersediaan pangan, maka dibutuhkan support tidak hanya dari pemerintah pusat,” ujarnya.

“Saya berharap agar kiranya Pemda bisa menempatkan program strategis yang bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat, sehingga para petani kita bisa lebih unggul, maju dan berjaya,” tambah Syahrul.

Menurutnya, bangsa yang besar dan mandiri harus merdeka serta berdaulat dalam pemenuhan pangan. Bahkan, lanjutnya, cita-cita kita bersama 2045 Indonesia menjadi lumbung pangan dunia.

Baca Juga :  Izin Joged Tidak Diberikan, Massa Melakukan Tindakan Vandalisme Kepada Pihak Polres Buton

Untuk mewujudkan itu semua, ia mengaku, dibutuhkan konsolidasi emosional baik di tingkat pusat, pemda provinsi, dan pemda kab/kota dalam mewujudkan gerakan masyarakat tani, melalui cara pandang kita yang sama, dan menjadikan kewajiban kita bersama.

“Karena hal ini menjadi masalah yang berkaitan dengan perut rakyat, maka persoalan ketahanan pangan, harus ada sentuhan bersama untuk kemajuan serta  pada sektor pertanian kita,” pungkasnya. (RED)

Kota Layak Huni

Berita Terkait