oleh

Pemprov Sultra Dorong Peningkatan Produksi Dua Varietas Unggulan, Sagu dan Kakao Menjadi Komoditas Andalan

Kapolri

Kendari, Sorotsultra.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mendorong peningkatan produksi dua varietas unggulan khas Bumi Anoa, yakni sagu dan kakao, menjadi komoditas andalan. Ahad, 3/11/2019.

Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, SH., menuturkan hal itu disadari sepenuhnya bahwa sektor pertanian merupakan andalan masyarakat Sultra yang sejak dahulu kala menjadi penopang hidup yang cukup diandalkan. Lebih lanjut dikatakan, terpilihnya Sultra menjadi tuan rumah pada perhelatan world food day ke 39, menjadi berkah dan cikal bakal untuk memajukan daerah dari sektor pertanian.

“Hari Pangan Sedunia (HPS) dilaksanakan setiap tahunnya sebagai salah satu upaya untuk mendorong kedaulatan pangan baik di tingkat regional, nasional maupun internasional. Melalui kesempatan ini, kita akan mendorong peningkatan produksi dua varietas unggulan daerah, yakni sagu dan kakao, menjadi komoditas andalan, ” kata Ali Mazi.

Ia menambahkan bahwa Pemprov berkomitmen akan memperkuat kerjasama yang efektif dengan melibatkan semua unsur untuk berpartisipasi di tengah krisis pangan dunia.

“Karena aksi kita untuk masa depan kita, demi tercapainya kebebasan pangan, melalui penyediaan makanan yang cukup, sehat dan aman bagi kesehatan,” imbuhnya.

Baca Juga :  PCC Masih Merajalela di Kota Kendari

Ali Mazi mengaku, tema yang di angkat tahun ini mengisyaratkan bahwa pengembangan teknologi tepat guna mutlak untuk di implementasikan sebagai langkah nyata dari kontribusi kita bagi ketahanan pangan dunia.

“Pemprov Sultra dan masyarakat ingin menghaturkan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat karena mempercayakan Bumi Anoa menjadi tuan rumah HPS yang Ke 39. Momen ini sangat berharga guna meningkatkan pengembangan pertanian di daerah kami, serta mengoptimalkan potensi teknologi tepat guna bagi petani,” pungkasnya. (RED)

Kota Layak Huni

Berita Terkait